Rabu, 13 Juni 2012

PENIPU YANG TERTIPU

Kadal merupakan hewan yang dijadikan icon penipuan. Penipu sering diidentikkan dengan kadal. Oleh sebab itu, orang yang suka menipu sering disebut kadal (mengadali). Tapi tidak semua hewan mampu dikadalin oleh kadal. Ada satu hewan yang gak bisa dikadalin oleh kadal, yaitu buaya.

          Buaya adalah hewan yang gak bisa dikadalin oleh kadal. Oleh karena itu orang yang sulit untuk ditipu biasanya akan mengatakan “buaya mau dikadalin, ya.. gantian dikadalin”. Tapi meskipun tidak bisa dikadalin oleh kadal, buaya bisa ditipu oleh kancil.
          Penipuan yang dilakukan kancil terhadap buaya ada dalam cerita fabel Kancil Dan Buaya. Pasti semua sudah bisa membayangkan bagaimana kebodohan buaya yang ditipu mentah-mentah oleh kancil. Sudah ditipu, dipijak-pijak pula itu kepala buaya. Sungguh penghinaan yang sangat hina untuk hewan penguasa air tawar yang katanya gak bisa dikadalin. Bagi kancil, itu merupakan kebanggaan tersendiri untuknya.
          Bukan hanya buaya yang ditipu sama kancil. Hampir semua hewan dalam cerita fabel kancil berhasil kena tipu. Oleh karena itu, saya lebih setuju kalau kancil itu dijadikan sebagai icon penipuan. Ya.. meskipun pada akhirnya sang icon penipuan itu dapat ditipu. hehehehe…
Seekor keong yang lamban, berhasil menipu dan mempecundangi kancil dalam sebuah balapan liar yang diadakan di sawah. Kejadian itu bermula ketika kancil yang sombong menantang lomba lari seekor keong kecil yang lamban. Karena merasa di rendahkan, keong itu menerima tantangan kancil. Tidak perlu saya tuliskan hasil akhirnya, karena pembaca pasti sudah mengetahui hasil akhirnya.
Begitulah. diatas langit masih ada langit. Jadi kalau mempunyai satu kelebihan, jangan suka di pamer-pamerkan kepada orang lain. Karena, tidak perlu dipamerkan, orang lain pun akan tahu kelebihan yang kita miliki.
Oh ya, satu lagi. Jangan suka menipu orang lain. Karena ya… tahu sendirilah apa resikonya.

Tidak ada komentar: