Jumat, 09 Mei 2014

Perbedaan Otak Kiri Dengan Otak Kanan

Otak manusia dibagi menjadi dua bagian. Perbedaannya juga cukup signifikan. Selain karena yang satu terletak disebelah kiri dan yang lainnya sebelah kanan, perbedaannya juga terletak pada fungsi yang dilakukannya. Otak kiri berpikir secara sadar, bernalar melalui logika, menganalisis dan mengatur emosi. Sedangkan otak kanan berpikir secara tidak sadar, berhubungan dengan kreativitas. Dalam desain dapat dikatakan otak kanan melihat referensi visual secara keseluruhan, seperti apa itu pemandangan? Kemudian baru melihat rincian yanga ada di gambar tersebut. Sedangkan otak kiri melihat rinciannya terlebih dahulu, baru menyimpulkan apa yang terdapat pada karya seni tersebut.


Untuk orang-orang yang berdominan otak kanan lebih bergantung pada referensi visual untuk memahami dan sering kali belajar visual. Mereka lebih emosional dan mampu untuk memahami serta merefleksikan perasaan mereka. Kemudian, mereka juga sangat intuitif dan memiliki keingin tahuan yang sangat tinggi. Tetapi negatifnya, orang yang berdominan otak kanan cenderung tidak teratur dan kurang dalam memanajemenkan waktu mereka.

Sedangkan orang-orang yang berdominan otak kiri sangat teroganisir. Mereka menyukai deadline. Mereka juga orang yang lebih suka mendengarkan daripada membaca sesuatu dan lebih mengandalkan kata-kata untuk mengingat daripada alat bantu visual. Tetapi negatifnya, karena mereka orang-orang yang terinci step-by-step serta cara algoritmik, mereka sangat rentan terhadap kesalahan.


Belahan Otak Kiri :  

1. Berfikir secara sadar (consciouness)

2. Bernalar menurut logika.

3. Berfikir dengan kata-kata.

4. Memilah-milah.

5. Menganalisis.

6. Berfikir secara runut.

7. Mengatur dan mengendalikan emosi.

8. Selalu melihat perbedaan.

9. Senang bekerja sendiri.





Belahan Otak Kanan :

1. Ketidaksadaran (sub-consciousness).

2. Kreatif, intuitif, melibatkan emosi.

3. Berfikir dalam bentuk gambar.

4. Melihat keseluruhan.

5. Menggabungkan, sintesis.

6. Berfikir secara menyeluruh.

7. Spontan dan bebas dalam mengekspresikan emosi.

8. Selalu melihat persamaan.

Tidak ada komentar: